resensi

The Dead Returns

dead

Ini adalah karya Akiyoshi Rikako yang kedua bagi saya. Desain sampulnya memiliki nuansa seragam dengan karya sebelumnya sehingga tampak menarik jika disejajarkan.

Sinopsis Novel

Koyama Nobuo malam itu didorong dari tebing. Ketika terbangun dia mendapatkan dirinya selamat dan…menjadi seorang lain! Rupanya ia malam itu bertukar tubuh dengan seseorang pemuda sebaya, Takahashi Shinji, yang juga terjatuh dari tebing ketika mencoba menolongnya.

Kesempatan hidup kedua ini ia manfaatkan untuk mencari siapa si pembunuh.

Bukan hal yang mudah, karena tersangkanya cukup banyak, yaitu 35 orang teman sekelasnya. 

Dalam sosok Takahashi Shinji yang tampan, Nobuo pun mulai merasakan sebuah sudut pandang baru tentang kehidupan sekolahnya, sambil mencari sang pembunuh.

Resensi Novel

Novel ini dimulai dengan sebuah prolog yang fantastis, mengenai pertukaran tubuh. Memang bukan tema baru dalam dunia fiksi. Yang menarik selalu tentang perubahan pola pikir dalam tubuh baru. Meskipun tema ini sudah sering saya ikuti, namun gaya bercerita penulis tidak menjadikannya terdengar lapuk di mata. Karena, lagi-lagi, ada unsur misteri.

Dan misteri itu selain memusingkan juga melelahkan, bayangkan 35 orang tersangka. Dalam buku setipis ini. Padahal seharusnya buku itu setebal buku Harry Potter!

Sebagai Takahashi Shinji kita mengikuti pergaulan dalam kelas murid-murid sekolah di Jepang, seperti gambaran populer selama ini di manga atau anime. Tapi tidak ekstrim, melainkan realistis, sekaligus dingin.

Sangat sedikit pengarang wanita yang bisa menuliskan sudut pandang pria remaja yang logik, fokus,  sedikit kasar, sekaligus simpel, dengan sempurna. Sayang saya masih melihat aura “cewek” dari narasi tokoh utama, yang justru di buku pertamanya, Girls In The Dark, menjadi kekuatan.

Tidak terlalu buruk. Walaupun sedikit menyesal karena tema misteri Akiyoshi Rikako kali ini sedikit berbau fantastis. Bagaimanapun saya masih bisa menikmati kejutan akhirnya yang memang cukup “manis”. Kalau mengatakan de ja vu pada film Gregory Peck, bisa-bisa saya dituduh spoiler. Hehe.

Jadi saya cukupkan sampai sini, ya.

Pengarang : Akiyoshi Rikako
Penerbit Jepang : Futabasha Publisher
Penerbit Indonesia : Penerbit Haru
Tebal : 252 halaman
Iklan

2 thoughts on “The Dead Returns”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s